BNI VCN

Belanja online mudah tanpa menggunakan kartu kredit.

Ada untungnya juga "dipaksa" membuat rekening BNI oleh kantor. Pasalnya, rekening tersebut akan digunakan untuk menerima gaji dari payroll perusahaan.

Pada dasarnya, rekening selain BNI pun masih bisa menerima uang dari payroll tersebut. Hanya saja, uang akan masuk pada hari kerja bank atau kliring saja. Maka, jika gajian jatuh pada hari sabtu, kemungkinan uang akan masuk hari seninnya.


Salah satu layanan yang belum disediakan oleh bank lain selain BNI adalah VCN (Virtual Card Number). BNI VCN berperan sebagai kartu kredit virtual dengan tipe Master Card. Bedanya dengan kartu kredit asli adalah, VCN menggunakan saldo yang ada di rekening kita sebagai jaminan uangnya. Berbeda dengan kartu kredit sesungguhnya yang dapat dibayar di belakang sesuai tagihan.

BNI Debit Online adalah suatu model inovasi / alternatif pembayaran yang mudah, cepat dan aman untuk transaksi belanja di Merchant/Toko Online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan

VCN hanya dapat digunakan pada produk tertentu, BNI Taplus umumnya. Ada beberapa yang mengklaim dapat digunakan juga pada BNI Syariah dan BNI Taplus Muda. Syarat lainnya, kita sudah harus terdaftar dalam sistem sebagai pengguna SMS Banking. Ada yang mengatakan, kita harus mengaktifkan Phone Banking dan aktivasi via telepon terlebih dahulu agar VCN dapat digunakan. Sepengalaman saya, VCN dapat digunakan sesaat setelah SMS Banking telah diaktifkan.

Request BNI VCN

VCN dapat diminta melalui SMS banking dengan format REQ VCN nominal dan dikirim ke nomor 3346. Nominalnya diisi sesuai dengan kebutuhan tanpa tanda baca tambahan seperti titik atau koma sebagai pemisah ribuan. Pastikan juga saldo di rekening melebihi sesuai permintaan.

REQ VCN 100000

Kita bakal mendapatkan SMS balasan berupa konfirmasi. SMS tersebut berisi instruksi untuk mengetikkan dua angka yang tertera pada PIN kita untuk mermastikan bukan orang lain yang melakukan permintaan. Balas SMS tersebut dengan mengetikkan PIN yang diminta sesuai dengan PIN challenge. Apabila benar, kita akan mendapat balasan kalau VCN sudah diaktifkan.

BNI SMS Banking:02/11/2016 15:36 Req VCN 100000 sukses.
VCN:526415317581650,CVC2:222,Valid Thru:11/18.
Dpt digunakan s/d 09/11/2016 15:36.
Ref: 274763642

Perhatikan contoh SMS di atas. VCN merupakan nomor virtual kartu kredit yang dapat digunakan untuk digunakan pada merchant untuk berbelanja. Sedangkan CVC2 (Card Security Code) merupakan kode pengaman tambahan yang umumnya terdapat pada kartu kredit sesungguhnya. Tak lupa juga, terdapat informasi VCN tersebut aktif sampai kapan.

Perlu diketahui, walau masa aktif kartu virtualnya dua tahun, sejatinya VCN tersebut aktif selama dua minggu saja. Dan hanya dapat digunakan pada satu kali transaksi.

Belanja Online

Jangan terburu-buru untuk menggunakan VCN tersebut untuk berbelanja. Beberapa kali pembayaran yang ingin saya lakuan gagal karena VCN belum aktif sepenuhnya. Normalnya, VCN dapat digunakan antara 10 - 30 menit setelah didaftarkan.

Sebagai saran tambahan, lebih baik melebihkan saldo yang diminta pada VCN dari nominal yang kita bayarkan pada produk tertentu. Biasanya, belanja di situs tertentu kena biaya tambahan, entah itu pajak, admin fee, atau lain sebagainya. Tentunya, kita tidak mau transaksi gagal karena saldo yang ada pada VCN kurang dari biaya yang harus dibayar, bukan?

Kapan menggunakan VCN?

Tidak semua layanan dapat menerima VCN dari BNI. Umumnya, VCN dapat digunakan untuk belanja yang sifatnya one time payment dan bayar di depan, seperti belanja app di Google Play, pemesanan hotel di agoda.com, serta belanja di situs online shop lainnya.

Beberapa layanan yang menerapkan billing atau langganan tiap bulannya hampir dipastikan tidak bisa menerima. Seperti yang saya coba lakukan, yaitu registrasi di Digital Ocean atau biasa disingkat DO. Sistem DO otomatis menolak registrasi karena belum menerima kartu debit dan virtual credit card.

Pun begitu, beberapa penyedia layanan cloud server lainnya seperti VPSDime.com dapat menerima pembayaran dari VCN. Adapun metode pembayaran yang dipilih adalah automatic credit card.

Tak hanya VPSDime.com, saya juga coba untuk melakukan registrasi di Amazon Web Service, tak ada kendala berarti. Bahkan sampai saat ini sudah masuk ke tahap verifikasi dan follow up dari pihak AWS.

Khusus untuk verifikasi PayPal. Saya berhasil menambahkan kartu tanpa masalah, hanya saja proses verifikasi lanjutan tidak saya lakukan. Beberapa orang berbagi pengalaman berhasil melakukan verifikasi dengan BNI VCN, beberapa di antaranya gagal karena suatu hal.

Konklusi

BNI VCN memudahkan nasabah untuk berbelanja online di merchant yang hanya menerima kartu kredit (khususnya yang berada di luar Indonesia), tanpa kita harus memiliki karti kredit sesungguhnya. Dengan menggunakan saldo yang ada di rekening kita, tentunya kita bisa lebih teratur dalam menentukan budget ketika berbelanja. 🤓