#BrilioCorner: Workshop Menulis Viral Bersama Brilio

Workshop menulis menggali ide untuk menghasilkan konten yang berpotensi viral

Hari ini, 17 September 2017, anggota Komunitas Blogger Jogja menghadiri undangan workshop menulis viral bersama Brilio. Acara serupa sebenarnya sudah diadakan oleh Brilio dengan tema yang sama, namun berlokasi di Jakarta. Yogyakarta mendapatkan kesempatan kedua diadakannya acara dengan konsep yang sama.

Acara workshop-nya sendiri gratis untuk peserta dengan jumlah yang terbatas. Maksimal pesertanya adalah 20 orang dengan mengutamakan profesi atau pehobi kegiatan tulis menulis (jurnalistik).  Kebetulan, jumlah peserta yang ikut dalam kali ini sudah mencapai batas maksimal.

Peserta bersiap mengikuti rangkaian agenda

Sebagai latar belakang, Brilio merupakan portal terbesar di Indonesia dengan target pembaca generasi milenial. Pengunjungnya bisa mencapai 120 juta orang setiap bulannya. Tulisan di Brilio punya ciri khas menyasar anak muda dengan konten kreatif, unik, lucu, serta menggugah emosi.


Mengusung tema tulisan viral, Brilio membagi acara dalam tiga agenda utama.

Generasi Milenial dan Tulisan Viral

Agenda pertama, diisi oleh Pak Titis Widyatmoko sebagai Pemimpin Redaksi Brilio. Pak Titis yang berpengalaman di jurnalistik kurang lebih 17 tahun ini banyak bercerita soal perubahan kebiasaan dalam mengakses informasi, khususnya generasi Y atau yang biasa disebut sebagai generasi milenial. Perubahan cara mengakses informasi ini juga berimbas pada perubahan bagaimana menyajikan informasi. Tentunya, Brilio menerapkan cara yang berbeda dalam menyajikan informasi agar dapat menyerap generasi tersebut.

Pak Titis menyampaikan kebiasaan generasi milenial

Selain membahas soal pergeseran budaya dalam tiap generasi, Pak Titis juga sempat menyinggung sejarah singkat awal mula berdirinya Brilio sampai menjadi portal berita terbesar di Indonesia dengan target generasi milenial seperti kondisi saat ini.

Di agenda pertama, Pak Titis tidak sendirian. Beliau ditemani oleh seorang reporter yang cukup lama bekerja di Brilio, ialah Andry Trysandy Mahani.

Mas Andry membagikan pengalamannya seputar menggali ide untuk konten

Mas Andry lebih banyak bercerita seputar menemukan ide, menentukan topik dan konten, agar tulisan yang dibuat berpotensi menjadi viral.

Brilio Creator

Agenda kedua mengenalkan platform baru yang baru diluncurkan oleh Brilio, namanya Brilio Creator. Brilio Creator dijelaskan panjang lebar oleh Rizadano Reno yang berperan sebagai Product Lead di Brilio.

Brilio Creator merupakan platform UGC (User Generated Content) yang memungkinkan siapa saja untuk mendaftar di dalamnya, dan mengirim konten di platform tersebut. Adapun konten utama yang disajikan adalah dalam bentuk artikel, gambar, dan video.

Pengenalan Brilio Creator oleh Mas Reno

Setiap konten yang dikirim, akan memasuki tahap resensi (review) oleh tim redaksi Brilio. Jika konten kamu disetujui, maka akan tayang di halaman utama Brilio Creator.

Tak sampai di situ. Apabila konten kamu cukup menarik dan berpotensi menggaet banyak pembaca, bisa jadi konten kamu mendapat reward. Dengan mendapat reward, maka konten kamu akan tayang di halaman utama Brilio.net + mendapatkan uang sebesar Rp.200.000 yang ditransfer ke rekening pribadi.

Memaksimalkan Media Sosial

Agenda yang ketiga dibawakan oleh Aldio Judisya sebagai Content Manager di Brilio.

Sosial media itu penting!

Nampaknya, bahasan yang satu ini tak pernah ketinggalan dalam setiap workshop dengan tema jurnalistik atau blogging. Wajar saja, media sosial punya peran cukup besar dalam mendatangkan pembaca ke portal atau blog yang dikelola.

Mas Aldio sendiri lebih banyak menjelaskan perbedaan mendasar sosial media mainstream seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Mas Aldio juga memberikan beberapa tips seputar penggunaan media sosial tersebut, seperti statistik, impresi, dan fitur pendukung lainnya.

Talkshow Bareng Gus Mul

Bagian terakhir ini cukup membuat kaget beberapa peserta. Pasalnya, siapa yang menyangka bintang tamu yang dirahasiakan oleh tim Brilio ternyata adalah Agus Mulyadi atau yang biasa akrab disapa sebagai Gus Mul.

Sejarah karir Gus Mul

Di agenda ini, Gus Mul menceritakan awal karirnya sebagai penjaga warnet, tukang edit foto, sampai menjadi penulis tersohor seperti sekarang. Dengan gaya konyol serta kesombongannya, dipastikan setiap kata yang dia ucapkan, mengundang gelak tawa peserta.

Writing Competition

Bagian ini sebenarnya bukan akhir acara, melainkan acara selipan yang dibuat oleh Brilio khusus untuk peserta workshop. Peserta diharuskan menulis sebuah artikel dengan tema tertentu yang dipublikasikan di Brilio Creator.

Blogger antusias dalam writing competition

Tiga penulis terbaik, masing-masing mendapatkan uang tunai senilai Rp.500.000. Dan, jika kamu penasaran siapa pemenangnya, bisa dilihat pada gambar di bawah.

Pemenang writing competition

Artikelnya pemenangnya, dapat kamu baca pada tautan di bawah: