Kaskus Ads

Kali pertama menggunakan iklan berbayar dengan provider lokal.

Seperti tulisan saya sebelumnya, saat ini sedang disibukkan dengan sebuah aplikasi beralamat di www.opentrips.id, aplikasi rintisan berupa marketplace yang menyediakan paket trip dari Travel Agent untuk kebutuhan Traveler.

Nah, karena aplikasi tersebut masih terbilang baru, maka pengunjung pun masih sedikit. Jika pengunjung masih tak banyak, maka transaksi pun masih bisa dihitung dengan jari.

Beberapa teknik SEO sudah diimplementasikan agar hasil pencarian maksimal di mesin pencari, dengan harapan meningkatnya jumlah pengunjung secara organik. Teknik lain juga digunakan dengan cara memanfaatkan media sosial dengan berbagi berbagai promo paket yang ada di sana. Pernah juga berinvestasi dengan paid-posting di beberapa blog ternama.

Hasilnya teknik di atas masih belum maksimal, entah kenapa menjual produk ke teman sendiri rasanya kurang optimal. Selain karena jangkauannya tidak begitu luas, sebagian besar dari lingkaran pertemanan hanya sedikit yang tertarik dengan bidang yang kita geluti. Sehingga, tak begitu banyak teman-teman yang tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut. Di samping itu, sebagian dari mereka pasti punya cara tersendiri untuk mendapatkan paket trip yang diinginkan.

Nah, salah satu cara efektif lainnya yang dapat dijalankan adalah iklan berbayar, dijamin cukup berhasil namun butuh biaya yang tidak sedikit memang.

Ada beberapa pilihan media untuk memasang iklan berbayar yang cukup menarik, ialah:

  • Facebook
  • Google AdWords
  • Kaskus Ads

Google AdWords sebelumnya menjadi pilihan pertama karena kebetulah adan promo voucher senilai Rp.450.000. Media ini urung saya gunakan karena terkendala metode pembayaran. Kita bisa menentukan sendiri iklan kita tayang pada kata kunci tertentu yang dicari orang pada Google.com.

Alternatif kedua adalah Facebook. Kalau beriklan di Facebook, kita juga diberikan opsi untuk menayangkannya di Instagram. Berbeda dengan Google yang masih harus mewajibkan kartu kredit, sistem pembayaran di Facebook bisa dilakukan melalui transfer bank lokal yang bekerja sama dengan Doku. Asiknya lagi, kita bisa menentukan target audience kita menjadi lebih spesifik, sehingga uang yang kita keluarkan tidak terbuang percuma bagi pembaca iklan yang tak sesuai dengan kriteria. Untuk sementara, media ini belum saya gunakan. Bukannya tidak saya pilih, tapi karena dijadikan sebagai media iklan lanjutan ke depannya.

Yang terakhir dan saya coba sekarang adalah Kaskus Ads. Dengan jumlah member mencapai jutaan, maka peluang iklan kita dilihat tentu lebih besar. Di Kaskus, kita bisa beriklan dengan budget mulai dari Rp.10.000 dengan pilihan tayang pada forum atau jual beli.

Sistem pemasangan iklan dan pembayaranpun tidak terlalu ribet. Cukup login ke Kaskus Ads menggunakan akun Kaskus, isi materi iklan, kemudian pilih anggaran iklan. Jika sudah selesai, data dikirim dan diarahkan ke metode pembayaran.

Anggaran iklan bisa diisi dengan nilai mulai dari Rp.10.000 dengan dua pilihan, berdasarkan Pay for Impressions (CPM) dan Pay per Click (CPC). Berdasarkan simulasi dengan anggaran sebesar Rp.50.000, jika kita memilih CPM, kira-kira mendapatkan impresi kurang lebih sebesar 71.000. Sedangkan jika memilih CPC, maka kita akan mendapatkan jumlah klik sebesar 25.

Sistem pembayaran yang tersedia ada empat:

  • KasPay
  • Bank Transfer
  • KlikBCA
  • KASKUS Ads Voucher

Dari empat jenis pembayaran tersebut, saya memilih metode pembayaran menggunakan KlikBCA. Instruksinya jelas dan sudah terintegrasi dengan fitur yang ada di KlikBCA. Hanya saja, butuh waktu sekitar 30 menit agar iklan kita aktif dan tayang di Kaskus pada kategori yang telah dipilih.

Ternyata proses verifikasi agar iklan dapat ditayangkan membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Wajar saja, hal ini menghindari penyalahgunaan iklan, sehingga perlu diverifikasi oleh manusia secara langsung. 😄

Dalam iklan pertama, tak banyak anggaran yang saya gelontorkan. Selain karena memang dananya terbatas, saya juga ingin tahu, seberapa efektif beriklan di Kaskus Ads? Kita lihat hasilnya nanti. Semakin signifikan bertambahnya jumlah pengunjung ke web dan transaksi, itu berarti media iklan yang saya gunakan cukup efektif. 😄

Selengkapnya mengenai Kaskus Ads, bisa dibaca pada halaman berikut: https://help.kaskus.co.id/kasads.php