Librari Blogger/Blogspot untuk PHP Laravel

Setiap kali membuat proyek (aplikasi), ada satu fitur yang bagiku harus selalu ada, yaitu blog. Walau namanya blog, kadang fitur ini juga dialih-fungsikan jadi fitur berita.

Membuat fitur blog di aplikasi itu ternyata antara susah dan gampang. Gampangnya, ya karena sebenarnya aku bisa bikinnya. Susahnya, hal ini ternyata membuang waktu. Daripada waktunya habis untuk membuat fitur blog, lebih baik digunakan untuk mengembangkan fitur inti yang lebih penting.

Dikarenakan fitur blog harus ada dan malas bikin dari awal, maka biasanya aku putuskan untuk menggunakan librari atau layanan dari pihak ketiga.

Ada dua pilihan untuk menambahkan fitur blog pada aplikasi.

Pertama, bisa menggunakan librari tambahan untuk blog sesuai dengan platform yang digunakan. Sebagai contoh, aku menggunakan Laravel untuk mengembangkan sebuah proyek aplikasi.

Librari yang cukup bagus untuk Laravel adalah Wink. Integrasi Wink dengan Laravel bisa dibilang sangat mudah. Namun, butuh kode tambahan agar fitur ini bisa digunakan di aplikasi.

Kedua, bisa menggunakan layanan blog yang sudah populer kemudian menggunakan Restful API untuk menampilkan konten blog pada aplikasi yang kita buat. Beberapa layanan yang menyediakan Restful API untuk blog adalah WordPress, Blogger, Medium, dan ButterCMS.

Dari dua pilihan tersebut, aku ambil opsi kedua, menggunakan Restful API dari platform blog. Alasannya, opsi pertama cukup ribet perawatannya, walau memberi banyak kelebihan, seperti kustomisasi fitur bawaan misalnya.

Dari opsi kedua, aku sudah mencoba beberapa platform yang sekiranya mudah diimplementasikan di aplikasi.

Dari hasil percobaan sederhana, Medium paling susah diimplementasikan karena respons datanya harus diformat ulang, bentuk datanya terlalu mentah. WordPress cukup menarik, tapi di beberapa endpoint format datanya agak berantakan. ButterCMS lebih sederhana, tapi berbayar. Dan, pilihan terakhir jatuh pada Blogger/Blogspot.

Blogger/Blogspot aku pilih karena kemudahannya. Mulai dari autentikasi, sampai dengan pengambilan konten melalui Restful API. Format datanya sederhana dan konsisten dalam setiap permintaan.

Kebetulan, librari Restful API untuk Blogger/Blogspot sudah aku buat. Untuk saat ini, librari ini dikhususkan untuk Laravel saja.

Tak ingin dipakai sendiri, maka librari ini aku publikasikan dengan sumber terbuka.

Siapa tau kamu tertarik untuk mencoba dan berkontribusi, librari ini dapat diakses melalui tautan berikut.

Contoh aplikasi yang sudah tayang dapat dilihat pada tautan blogger.aplikasi.live. Contoh kodenya juga tersedia pada repositori.

Jika opsi pertama dan opsi kedua tetap harus menggunakan librari tambahan, terus apa bedanya?

Betul, keduanya menggunakan librari eksternal untuk mengatur blog. Bedanya, pada opsi pertama semua konten blog disimpan pada server milik kita. Itu artinya, kita harus menyiapkan sendiri pangkalan data (database), storage, beserta konfigurasi lainnya.

Sedangkan pada opsi kedua, kita menggunakan librari eksternal yang mengakses konten langsung pada penyedia blognya, dalam kasus ini aku ambil layanan Blogger/Blogspot.

Ketika memilih opsi kedua, semua konten blog akan disimpan pada server penyedia layanan, kita hanya perlu mengambil datanya dari server layanan untuk ditampilkan di aplikasi kita.

Kelebihan lainnya, mengatur blog jadi lebih mudah karena bisa langsung dilakukan di platform mereka, walaupun fitur pengaturan blog juga bisa dilakukan melalui aplikasi kita dengan komunikasi API.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *